Tahukah Anda ? Cara Memilih Buah Kurma yang Bagus

iBEV Minuman Kurma untuk Kesehatan, Kurma merupakan salah satu buah yang sangat populer, terutama di negara yang mayoritas berpenduduk muslim. Pada saat bulan ramadhan buah ini sangat menjadi primadona, karena selain dianjurkan berbuka puasa dengan kurma, buah ini memiliki rasa yang sangat manis. Hal itu yang menjadi daya tarik dari kurma ini.

Meski buah ini berasal dari negara timur tengah, tetapi buah ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, terutama pada saat bulan ramadhan tiba. Dengan banyaknya kurma yang dijual di pasar saat bulan ramadhan, maka Anda wajib mengetahui bagaiamana cara memilih kurma yang bagus dan segar. Terlebih lagi, banyak sekali jenis kurma yang dijual oleh pedagang di pasar yang membuat kamu harus pandai dalam memilih kurma yang sehat dan segar.

Cara memilih kurma yang baik dan segar sebenarnya sangat sederhana. Maka dari itu, Anda dapat dengan mudah mempraktekannya saat berbelanja buah kurma.

Berikut Cara Memilih Kurma yang Bagus

  • Perhatikan Warna Buah Kurma

Saat memilih kurma mana yang akan dibeli, yang pertama dilihat adalah warna kurma itu sendiri. Memperhatikan warna saat memilih buah kurma adalah hal yang paling mudah. Pada umumnya kurma memiliki warna cokelat, merah, ada juga yang kuning hingga bewarna kehitaman.

Dengan mengetahui warna kurma secara umum, Anda bisa dengan mudah memilih kurma mana yang bagus. Hanya dengan melihat kurma yang memiliki warna merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak, itu sudah memenuhi kriteria warna kurma yang bagus.

Jika telah menemukan kurma dengan ciri-ciri warna tersebut, maka kurma tersebut termasuk kurma yang masih segar dan sehat, akan tetapi jika tampilan fisik buah kurma tersebut sudah tidak bagus, maka buah tersebut sudah tidak segar.

  • Perhatikan Tampilan Fisik Buah Kurma

Cara memilih buah kurma yang bagus selanjutnya ialah dengan memperhatikan bentuk fisik dari buah kurma. Buah kurma yang telah dikeringkan biasanya agak sedikit basah, karena kandungan cairan gulanya mengalir keluar. Namun, permukaan buah kurma tidak akan menjadi lengket maupun keras.

Buah kurma yang lengket atau basah, biasanya telah ditambahkan dengan pemanis buatan seperti madu atau sirup gula. Anda harus menghindari buah kurma yang lengket atau basah tersebut. Jadi, untuk mendapatkan buah kurma yang bagus, Anda harus dengan teliti memperhatikan cara yang kedua ini dalam memilih kurma yang segar dan sehat.

Selain hal di atas, Anda juga harus menghindari buah kurma yang kulitnya sudah mengerut, karena itu menandakan bahwa buah kurma tersebut sudah terlalu lama disimpan.

Jadi, pada tahap kedua ini, Anda dapat memilih kurma yang tidak terlalu lengket atau basah, tetapi juga buah kurma yang tidak mengerut dan tidak terlalu kering.

  • Perhatikan Ukuran Buah Kurma

Ketika memilih buah kurma, banyak orang yang tidak terlalu meperhatikan ukuran dari buah kurma yang akan dipilih, karena menganggap bahwa hal itu tidaklah penting dalam memilih kurma yang baik. Padahal memperhatikan ukuran termasuk salah satu cara yang penting dalam memilih kurma yang bagus.

Dengan memperhatikan ukuran dari buah kurma, Anda bisa mengetahui berapa banyak kandungan gula yang terdapat pada buah kurma tersebut.

Pada umumnya, buah kurma memiliki ukuran yang setara dengan setengah ibu jari orang dewasa atau seberat 7,1 gram. Batas pemenuhan kebutuhan gula harian seseorang adalah 40 gram. Jadi, dengan mengetahui rata rata ukuran buah kurma, Anda bisa membatasi konsumsi kurma yang dianjurkan agar tidak berlebihan.

  • Perhatikan Tempat Penjual

Cara memilih kurma yang sehar selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi tempat dimana kurma itu diletakkan. Pastikan kurma yang akan Anda beli tidak terkontaminasi oleh debu serta kotoran dan disimpan dengan baik.

  • Perhatikan Kemasan

Selain itu, jika membeli kurma dalam bentuk kemasan, pilihlah buah kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat dan perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Itulah cara memilih buah kurma yang bagus, yaitu pertama lihat warnanya, kemudian perhatikan fisik buahnya, selanjutnya perhatikan ukuran buahnya, dan terakhir perhatikan juga kondisi tempat penjual dan kemasan dari buah kurma yang akan dibeli tersebut.

Buah kurma termasuk buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Banyak manfaat dibalik anjuran mengonsumsi kurma. Jadi, Konsumsilah kurma secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Supaya Anda tidak bosan mengonsumsi kurma secara rutin, konsumsilah kurma dalam bentuk varian minuman.

iBEV adalah Minuman Kurma untuk Kesehatan, selain itu iBEV memiliki 2 varian rasa Original dan Sparkling, iBEV juga terbuat dari kurma alami pilihan sehingga Anda dapat merasakan manfaat dan nikmatnya kurma hanya dengan meneguknya.

Jaga dan tingkatkan kesehatan Anda dengan meminum iBEV setiap hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *