Tahukah Anda ? Kenapa Berbuka Puasa dianjurkan Mengonsumsi Kurma ?

iBEV Minuman Kurma untuk Kesehatan, Ketika bulan Ramadhan, seperti yang kita ketahui orang yang sedang berpuasa dianjurkan untuk menyantap kurma disaat berbuka puasa. Sebenarnya apa alasan yang mendukung bahwa kurma adalah hidangan yang paling cocok untuk dinikmati saat berbuka. Soal rasa tentu sudah tidak diragukan lagi, kurma memiliki rasa yang manis dan beraneka macam jenis buahnya. Selain itu tentu ada hal lain yang menjadi penyebab mengapa konsumsi kurma saat berbuka itu sangat dianjurkan.

Ternyata pada buah kurma terkandung gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Kemudian buah kurma mengandung mineral seperti kalium dan kurma merupakan sumber serat bagi tubuh, dan masih ada alasan lain mengapa orang yang berpuasa sangat dianjurkan memakan kurma di saat berbuka.

Berikut Alasan Mengapa Mengonsumsi Kurma Sangat dianjurkan ketika Berbuka Puasa

  • Kurma Kaya akan Antioksidan

Buah kurma yang mmemiliki nama latin Phoenix dactylifera mengandung beberapa antioksidan dengan manfaat yang banyak untuk kesehatan, termasuk juga mengurangi risiko terkena beberapa penyakit.

 Terdapat tiga jenis antioksidan penting yang ada pada satu buah kurma.

  1. Flavonoid, yaitu antioksidan yang mampu membantu mengurangi peradangan. Manfaatnya setelah diteliti juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes, alzheimer dan juga beberapa jenis kanker.
  2. Karotenoid, yaitu antioksidan yang juga terbukti mampu meningkatkan kesehatan pada jantung, serta dapat mengurangi risiko terkena gangguan pada mata, yaitu degenerasi makula.
  3. Asam fenolik, yaitu antioksidan yang mampu membantu menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan juga penyakit jantung.
  • Kurma Merupakan Pemanis Alami yang Sangat Baik

Ketika berbuka puasa sangat dianjurkan untuk menyantap makanan yang rasanya manis, kurma ialah buah yang cocok karena mengandung pemanis alami yang sangat baik bagi tubuh.

Fruktosa adalah salah satu jenis gula alami pada buah dan kandungan gula alami tersebut yang paling tinggi ditemukan pada buah kurma, yang menjadikan buah kurma memiliki rasa menyerupai karamel yang halus. Selain fruktosa, kurma juga mengandung glukosa dan sukrosa. Mereka menjadi pengganti gula yang sehat, kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

  • Kurma dapat Mempertahankan Fungsi Otak pada Lansia

Degenerasi jaringan otak ialah kenyataan penuaan yang akan didapati, meskipun tidak harus juga terjadi. Banyak dari perubahan yang merugikan ini terkait dengan peradangan berlebihan, yang dapat diperlambat jika efek kortisol dan oksidan lainnya dikendalikan. Kurma dikenal dapat berfungsi sebagai peyangga kortisol yang sangat baik, sehingga mengurangi pengaruh peradangan.

  • Kurma Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi

Mengonsumsi makanan dengan serat yang cukup, sangat penting bagi kesehatan sistem pencernaan, apalagi setelah seharian berpuasa. Dalam sebuah penelitian terhadap 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma setiap hari selama 21 hari secara berturut-turut, mengalami peningkatan frekuensi buang air besardibandingkan ketika mereka tidak mengonsumsi kurma.

Di samping itu, selain buah kurma kaya akan serat yang mampu menjaga kesehatan pencernaan, namun serat pada buah kurma juga memiliki manfat dalam mengontrol gula darah. Sebab, serat dapat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah yang naik terlalu tinggi setelah makan.

  • Kurma Kaya dengan Nutrisi

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Karena buah ini dikeringkan, sehingga kandungan kalori kurma lebih tinggi dari kebanyakan buah segar. Kandungan kalori pada kurma mirip dengan buah-buahan kering yang lainnya, seperti kismis.

Kendati mengandung kalori yang tinggi serat, kurma juga ternyata mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting. Di samping itu, kurma juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang berkontribusi untuk manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh.

Oleh karena itu, orang yang berpuasa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa maupun juga ketika sahur. Bahkan, alangkah lebih baik jika Anda mengonsumsi kurma tidak hanya pada bulan Ramadhan, tetapi setiap hari secara rutin dengan tepat. Namun jika Anda bosan mengonsumsi kurma secara utuh setiap hari pada bulan Ramadhan, Anda bisa mencoba mengonsumsi kurma dalam bentuk varian minuman. iBEV adalah Minuman Kurma untuk Kesehatan, selain itu iBEV memiliki 2 varian rasa Original dan Sparkling, iBEV juga terbuat dari kurma alami pilihan sehingga Anda dapat merasakan manfaat dan nikmatnya kurma hanya dengan meneguknya.

Jaga dan tingkatkan kesehatan Anda dengan meminum iBEV setiap hari. Selama bulan Ramadhan Anda bisa meminum iBEV 1 kaleng saat sahur dan 1 kaleng saat berbuka. Awali sahurmu dengan minum iBEV dan akhiri puasamu dengan minum iBEV.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *