Tahukah Anda ? Lebih Sehat Kurma Ruthab atau Kurma Tamr

iBEV Minuman Kurma untuk Kesehatan, Kurma ialah buah yang sangat identik dengan bulan suci ramadhan. Karena, menyantap kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan, sehingga saat bulan ramadhan tiba, buah kurma menjadi incaran utama. Buah kurma mempunyai beragam jenis dengan rasa yang berbeda. Umumnya, kurma dikonsumsi pada saat tingkat kematangan ruthab atau kurma masih muda, dan lebih sering dikonsumsi pada tingkat kematangan tamr atau kurma dalam kondisi kering.

Dibanding kurma ruthab (kurma muda), kurma tamr (kurma kering) lebih sering dikonsumsi. Masyarakat Indonesia juga lebih mengetahui kurma kering dibanding kurma muda. Kurma muda atau ruthab mempunyai ciri-ciri yang hampir mirip dengan kurma kering. Perbedaanya, kurma muda mempunyai tekstur yang sedikit lebih keras atau renyah dan daging buahnya memiliki warna putih menyerupai kelapa.

Kurma matang atau tamr mempunyai rasa yang manis dengan tekstur daging yang empuk dan sangat bermanfaat saat disantap ketika berbuka puasa. Berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma bisa mencegah makan secara berlebihan, karena kurma mengandung serat yang tinggi sehingga membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain baik untuk dikonsumsi saat berbuka, kurma juga baik dikonsumsi pada saat sahur. Karena, selain bisa menunda dan mengurangi rasa lapar lebih lama, kurma tamr juga bermanfaat sebagai sumber energi siap pakai dari gizi yang dikandungnya. Pada buah kurma kering juga terkandung potasium yang tinggi, sehingga sangat baik bagi sistem saraf.

Sedangkan kurma muda merupakan kurma yang belum matang, sehingga rasanya asam dan segar. Tapi, ada juga varietas kurma yang rasanya sudah manis meskipun belum matang atau masih muda. Menyimpan kurma muda dalam beberapa waktu bisa membuat tekstur daging buahnya menjadi lebih lembut dan manis saat dinikmati.

Untuk mengurangi rasa asam yang ada pada kurma muda, biasanya kurma muda dicampur dengan madu atau susu. Kurma muda juga bermanfaat bagi ibu hamil. Di timur tengah, kurma ruthab biasa diolah dijadikan campuran kue, diolah menjadi puding dan selai.

Untuk menjaga kualitasnya, kurma muda membutuhkan penangan khusus. Simpan kurma muda dengan cara yang benar agar tidak berjamur dan tetap terjaga kualitasnya. Sebelum menyimpannya, cuci terlebih dahulu kurma muda sampai bersih, keringkan kurma tersebut. Lalu simpan kurma di wadah yang kedap udara dan terakhir masukkan ke dalam freezer.

Itulah kelebihan dari kurma ruthab dan kurma tamr. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, konsumsilah kurma secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Namun, jika Anda bosan mengonsumsi kurma dalam kondisi utuh, Anda bisa mencoba kurma dalam bentuk varian minuman.

iBEV adalah Minuman Kurma untuk Kesehatan, selain itu iBEV memiliki 2 varian rasa Original dan Sparkling, iBEV juga terbuat dari kurma alami pilihan sehingga Anda dapat merasakan manfaat dan nikmatnya kurma hanya dengan meneguknya.

Jaga dan tingkatkan kesehatan Anda dengan meminum iBEV setiap hari. Selama ramadhan Anda bisa meminum iBEV 1 kaleng saat sahur dan 1 kaleng saat berbuka. Awali sahurmu dengan minum iBEV dan akhiri puasamu dengan minum iBEV.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *