Tahukah Anda ? Manfaat Kurma untuk Kesehatan saat Berpuasa

iBEV Minuman Kurma untuk Kesehatan, Selama ini, kurma menjadi buah yang paling dicari saat bulan Ramadhan untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, mengonsumsi kurma saat berbuka memang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena kurma memiliki segudang manfaat.

Di samping itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, ketika berbuka puasa diharuskan untuk mengonsumsi minuman atau makanan yang kaya dengan cairan dan juga rendah lemak, atau makanan yang mengandung gula alami.

Setelah seharian berpuasa, tubuh kita memerlukan sumber energi baru yang berasal dari gula alami. Dengan demikian, kurma menjadi hidangan yang paling cocok untuk dinikmati saat berbuka, karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, kurma juga mengandung berbagai mineral seperti antioksidan, tembaga dan kalium. Kurma juga bisa menjadi sumber serat pangan yang dibutuhkan tubuh.

Berikut Manfaat Kurma untuk Kesehatan saat Berpuasa.

  • Kaya dengan Pemanis Alami

Pada buah kurma terkandung fruktosa yang merupakan jenis pemanis alami yang ditemukan di buah-buahan. Tetapi, pada buah kurma, ditemukan fruktosa yang sangat banyak dengan kadar yang tinggi. Oleh karena itu, kurma terasa sangat manis seperti rasa karamel yang halus. Kurma dapat dijadikan pengganti gula pasir buatan dengan rasa manis yang sehat, kaya nutrisi, serat pangan, sekaligus antioksidan.

  • Terkandung Antioksidan yang Tinggi

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah kurma memiliki manfaat kesehatan dengan cakupan luas, termasuk mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari ancaman zat radikal bebas. Zat radikal bebas yaitu adalah molekul tidak stabil yang bisa menyebabkan reaksi berbahaya pada tubuh dan menjadikan tubuh rentan terkena penyakit.

Senyawa antioksidan yang ada pada buah kurma mampu melindungi tubuh dari peradangan. Dibandingkan dengan buah dari jenis sama, seperti plum dan ara yang dikeringkan, kurma memiliki kandungan antioksidan dengan kadar yang lebih tinggi. Beragam jenis antioksidan yang dapat ditemukan pada buah kurma adalah carotenoid, flavonoid, asam fenolik, dan polifenol.

  • Buah yang Kaya dengan Serat Pangan

Cukupnya kebutuhan serat untuk tubuh dalam sehari berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh. Kurma mampu memberikan sekitar 12% dari kebutuhan serat dalam sehari bagi seseorang. Serat membantu seseorang merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama dan serat dapat memperlancar sistem pencernaan, sekaligus mencegah konstipasi atau sembelit.

Serat makanan yang terkandung di buah kurma mampu menstimulasi pergerakan organ perut, yang berkontribusi dalam pemrosesan feses. Di samping itu, serat pada kurma berfungsi baik untuk mengontrol kadar gula darah. Glukosa alami pada buah kurma dapat mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah yang terlampau tinggi, sehingga buah kurma tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Makanan yang Kaya Nutrisi

Kurma ialah buah yang kaya dengan nutrisi. Jika sudah dikeringkan, kalori yang terkandung pada buah kurma lebih tinggi dibandingkan dengan buah kurma dalam kondisi basah. Kalori pada buah kurma yang dikeringkan mirip seperti kandungan nutrisi pada buah ara dan kismis. Sebagian besar kalori yang terkandung di buah kurma berupa karbohidrat. Sisanya ialah vitamin, protein, mineral, pektin dan lignin.

Itulah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan saat berpuasa. Oleh sebab itu, rasanya sangat penting untuk rutin mengonsumsi kurma pada saat bulan Ramadhan. Tetapi jika Anda bosan mengonsumsi kurma secara utuh yang itu-itu saja. Anda bisa mencoba kurma dalam bentuk varian minuman.

iBEV adalah Minuman Kurma untuk Kesehatan, selain itu iBEV memiliki 2 varian rasa Original dan Sparkling, iBEV juga terbuat dari kurma alami pilihan sehingga Anda dapat merasakan manfaat dan nikmatnya kurma hanya dengan meneguknya.

Jaga dan tingkatkan kesehatan Anda dengan meminum iBEV setiap hari. Selama bulan Ramadhan Anda bisa meminum iBEV 1 kaleng saat sahur dan 1 kaleng saat berbuka. Awali sahurmu dengan minum iBEV dan akhiri puasamu dengan minum iBEV.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *