Tahukah Anda ? Manfaat Kurma untuk Mempermudah Persalinan

iBEV Minuman Kurma untuk Kesehatan, Buah yang satu ini sangat identik dengan bulan ramadhan dan menjadi buruan utama saat bulan ramadhan tiba untuk dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa. Buah tersebut menjadi makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bukan hanya pada saat berbuka, tetapi juga pada saat sahur, karena kandungan gizinya selain melimpah, tetapi juga bermanfaat, salah satunya untuk melancarkan persalinan.

Buah kurma merupakan sumber kalium bagi tubuh dan mengandung nutrisi penting lainnya, seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa, ibu yang rajin mengonsumsi kurma saat kehamilan sudah berada pada usia tua, dapat melakukan proses persalinan dengan lebih cepat dan lebih lancar tanpa harus bergantung dengan induksi medis.

Berikut Manfaat Buah Kurma dapat Mempermudah Persalinan

  • Ketuban Menjadi Tidak Rentan Pecah

Ketuban merupakan selaput berisi cairan yang menyelimuti seluruh tubuh bayi di dalam kandungan. Ketuban akan pecah menjelang sesaat sebelum bayi lahir. Tapi ada juga kemungkinan kantung ketuban pecah sebelum waktunya atau jauh sebelum bayi akan lahir. Ketuban yang pecah sebelum waktunya beresiko terkena sejumlah komplikasi, seperti infeksi dan peradangan selaput amnion.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma memiliki selaput ketuban yang lebih kuat dan tidak mudah pecah sampai sebelum waktunya persalinan tiba dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma.

  • Proses Bukaan Menjadi Lebih Cepat

Ketika menjelang waktu kelahiran bayi, rahim akan mengalami dilatasi atau yang biasa disebut dengan pembukaan untuk memulai proses persalinan. Pembukaan rahim biasanya berlangsung dari awal pembukaan hingga pembukaan penuh selebar 10 cm.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma saat hamil tua atau menjelang kelahiran bayi akan mengalami pembukaan yang lebih progresif atau proses yang cepat begitu sampai di rumah sakit.

  • Menyuplai Oksitosin Alami sehingga dapat Mempercepat Kontraksi

Buah kurma mengandung hormon oksitosin yang berkhasiat untuk merangsang kontraksi dan mempermudah proses persalinan. Ketika persalinan berlangsung, kontraksi yang lemah biasanya akan diberi tambahan oksitosin melalui jarum suntik untuk membuat kontraksi rahim menjadi kuat kembali. Pada masa setelah persalinan hormon oksitosin akan dikeluarkan ketika bayi sedang menyusui. Peningkatan hormon ini pada waktu setelah persalinan bisa mempercepat proses penghentian pendarahan dan juga proses pemulihan fungsi rahim dan anatomi.

Itulah manfaat kurma untuk mempermudah persalinan. Untuk merasakan manfaatnya tentu Anda harus mengonsumsinya terutama pada saat kehamilan berada pada usia tua atau menjelang persalinan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *