Tahukah Anda ? Sebutan untuk Buah Kurma Sesuai Tingkat Kematangan

iBEV Minuman Kurma untuk Kesehatan, Buah kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera memiliki banyak variasi mulai dari bentuk, panjang, warna dan tingkat kematangan. Panjang buah kurma dapat mencapai 3-7 cm dengan diameter 2-3 cm. Semua tergantung dari jenisnya. Buah asal Timur Tengah ini sejenis tumbuhan palem berwarna coklat dan memiliki rasa manis. Dalam ilmu sains, ternyata kandungan yang ada pada buah kurma benar-benar kaya akan gizi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Buah kurma mempunyai beragam jenis dan setiap jenis mempunyai karakterisitik tersendiri. Meski buah ini berasal dari timur tengah, namun kurma bisa dijumpai di Indonesia. Kurma yang paling mudah dijumpai di Indonesia ialah kurma dalam tingkat kematangan tamr, atau kurma kering. Tapi, kurma tidak hanya bisa dikonsumsi saat kondisi kematangan pada tingkat tamr atau kering, tetapi juga bisa dikonsumsi saat tingkat ruthab atau muda. Bagaimakah proses perubahan buah kurma hingga menjadi kurma tamr atau kering? Berikut rangkumannya.

Berikut Perkembangan Kematangan Buah Kurma

1. Hababouk

Hababouk merupakan tahapan awal atau calon buah baru yang akan mulai berkembang setelah bunga kurma berhasil diserbuki dan tidak rontok. Biasanya, membutuhkan waktu berkisar beberapa minggu agar mengetahui apakah penyerbukan yang dilakukan berhasil atau tidak. Tanda penyerbukan berhasil adalah dengan munculnya hababouk atau calon buah baru.

2. Kimri

Tahapan perkembangan kurma selanjutnya biasa disebut dengan kimri. Pada tahap ini buah kurma memiliki bentuk yang sudah mulai membesar dan membentuk tubuh buah, namun buahnya masih berwarna hijau. Kurma dengan tingkat kematangan kimri sepertinya belum bisa dikonsumsi, karena rasanya masih sangat sepat dan pahit.

3. Khalal

Berikutnya tahapan perkembangan buah kurma disebut dengan khalal atau bisa disebut sebagai kurma mentah. Tahapan khalal merupakan pertumbuhan yang maksimum secara fisiologis pada buah kurma. Di tahap tersebut, buah kurma akan mulai mengalami perubahan warna dari hijau menjadi kekuningan, berikutnya kemerahan, sampai menjadi merah tua. Proses perubahan warna tersebut bisa berbeda sesuai dengan jenis kurmanya.

Kurma dengan tingkat kematangan khalal sudah dapat dipanen dan harus dikonsumsi dengan segera, karena kurma pada tahap khalal tidak bisa bertahan terlalu lama. Namun, jika buah pada tahap khalal ingin disimpan, harus diletakkan di freezer agar buah kurma tersebut tidak mengalami proses fermentasi.

4. Ruthob

Kemudian tahapan perkembangan buah kurma setelah khalal disebut ruthab. Buah kurma pada tingkat kematangan ruthob warnanya sudah berubah menjadi kecoklatan atau juga kehitaman, sesuai dengan jenis kurmanya. Kurma ruthob membutuhkan penanganan khusus, karena kurma pada tingkat ruthob masih berpotensi mengalami fermentasi yang akan mengakibatkan kurma akan menjadi asam. Kurma ruthab bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama jika disimpan di freezer. Kurma ruthob rasanya sudah manis, bisa dikonsumsi dan tinggi vitamin. Namun sebagai sumber energi siap pakai, kurma ruthab masih kalah dengan kurma tamr.

5. Tamr

Tahap perkembangan pada buah kurma yang terakhir disebut dengan tamru atau tamr. Buah kurma pada tahap tamr ini merupakan yang paling mudah dan sering dijumpai di pasaran. Kurma tamr juga sering disebut dengan kurma kering. Pada tahap ini kurma telah berubah warna menjadi cokelat atau kehitaman. Kurma pada tahap ini juga mampu bertahan lama, karena kadar airnya sudah betul-betul menurun.

Kandungan gula pada buah kurma ditahap tamr juga meningkat karena kadar air pada buah ini telah menurun. Kurma pada tingkat tamr menyediakan energi siap pakai dalam kadar yang tinggi tetapi kadar vitamin C nya menurun.

Itulah tahap perkembangan kurma dari mulai calon buah baru hingga menjadi kurma tamr. Buah kurma merupakan buah yang kaya akan manfaat. Oleh karena itu, konsumsilah kurma secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Namun, jika Anda bosan menikmati kurma dalam kondisi utuh, Anda bisa mencoba kurma dalam bentuk varian minuman.

iBEV adalah Minuman Kurma untuk Kesehatan, selain itu iBEV memiliki 2 varian rasa Original dan Sparkling, iBEV juga terbuat dari kurma alami pilihan sehingga Anda dapat merasakan manfaat dan nikmatnya kurma hanya dengan meneguknya.

Jaga dan tingkatkan kesehatan Anda dengan meminum iBEV setiap hari. Selama Ramadhan Anda bisa mengkonsumsi iBEV 1 kaleng saat sahur dan 1 kaleng saat berbuka. Awali sahurmu dengan minum iBEV dan akhiri puasamu dengan minum iBEV.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *